Pelatihan Relawan Penanggulangan Bencana

MUARA SABAK- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjung Jabung Timur melakukan acara pelatihan relawan penanggulangan bencana, Selasa (06/11) di Desa Kota Baru Kec. Geragai. Pelatihan relawan tersebut terdiri dari 2 desa dan 1 kelurahan yang menjadi peserta yaitu desa Kota Baru,Suka Maju dan Kelurahan Teluk Dawan dengan jumlah keseluruhan peserta sebanyak 36 orang.

Acara pembukaan pelatihan relawan penanggulangan bencana tersebut dibuka oleh Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kab. Tanjung Jabung Timur Rahmad Hidayat sekaligus pemateri, turut juga memberikan materi kebencanaan dalam pelatihan tersebut Sekretaris BPBD Kab. Tanjung Jabung Timur Mustafa. 

 

Adapun materi yang diberikan dalam pelatihan itu, terpokus pada penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan serta bagaimana mencegah maupun menangani saat kejadian kebakaran hutan dan lahan tersebut, terpokusnya pelatihan ini terkait karhutla  karena di tiga desa/kelurahan tersebut sangat rawan akan terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan namun tidak menutupi akan kejadian bencana - bencana lainya.

Pelatihan ini juga melakukan simulasi terkait bagaimana melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan serta cara penggunanaan mesin serta alat-alat lainya terkait kebakaran hutan dan lahan dengan adanya pelatihan tersebut para relawan yang sudah terlatih bisa menggunakan alat pemadaman maupun melakukan proses pedaman kebakaran hutan sesuai dengan prosedur yang ada.